tafrihan.diengplateau.com

Tafrihan

Rt.02/ Rw.02 Kp. Purwosari Kel. Kejajar Kec. Kejajar Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah 56354
Tafrihan

Watu Langgar, Tempat Sholatnya Kyai Karim.

May 16, 2013, by tafrihan, category tafrihan
watu langgarKyai Karim merupakan salah satu dari tiga orang yang tercatat dalam sejarah sebagai cikal bakal masyarakat Wonosobo. Dalam pengembaraannya di Seantero Wonosobo tempat yang diyakini sebagai lokasi yang paling sering dikunjungi adalah desa Sembungan, sehingga sampai saat ini ada air terjun disebelah desa Sembungan yang diberi nama Air Terjun Sikarim.
Kyai Karim yang diyakini sebagai mubaligh tentunya telah menempuh perjalanan suci ke berbagai lokasi,menempuh medan berat dan sangat mungkin masih berupa hutan belantara kemudian berinteraksi dengan masyarakat dan membangun komunitas-komunitas muslim diberbagai tempat.
Khusus didesa sembungan yang diyakini sangat sering dikunjungi oleh beliau, ada salah satu batu disekitar air terjun Sikarim yang oleh masyarakat di kenal sebagai watu langgar ( watu/batu dan langgar adalah mushola tempat sholat) batu tersebut merupakan watu njlapar ( batu datar) yang cukup lebar dan diyakini  oleh masyarakat sebagai batu yang sering digunakan untuk melaksanakan sholat 5 waktu oleh Kyai Karim.
Untuk mencapai lokasi tersebut dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu jalur atas yang melewati hutan lebat disebelah selatan desa, atau melalui jalur bawah disekitar Air Terjun Sikarim.
Masyarakat desa sembungan yang kebetulan berada disekitar lokasi juga biasanya tidak melewatkan untuk melakukan sholat di watu langgar tersebut, karena menurut mereka ada perasaan lain ketika melakukan sholat dialam terbuka, dan ditempat yang sering digunakan untuk sholat oleh kyai agung yang merupakan cikal bakal masyarakat Kabupaten Wonosobo.

Tentang kebenaran keyakinan masyarakat tersebut soal Watu Langgar, memang masih perlu ditelusuri oleh para ahli sejarah Wonosobo karena siapa tahu akan dapat membuka sejarah baru tentang rute perjalanan dan hal -hal yang pernah dilakukan oleh Kyai Karim.

So, what do you think ?